Umrah Haji Umroh

PT. Shabilla Travel, Travel Umroh Haji

RUKUN DAN WAJIB HAJI

  1.      Pengertian Haji dan Umroh

Haji adalah ibadah yang secara bahasa berartii menyengaja, menuju. Sedangkan menurut pengertian syara’ adalah menyengaja menuju baitullah untuk beribadah, demikan juga dengan yang tertera dalam kitab al-Kifayah bahwa haji adalah menyengaja untuk melakukan beberapa pekerjaan (yang bersifat iabadah), hal ini berbeda dengan Syekh al-Zuhri, di mana menurutnya, haji secara bahasa adalah menyengaja untuk menuju zat (Allah) yang Maha Agung, sedang menurut syara’ sama dengan pendapat di atas, yaitu menyengaja menuju baitullah untuk beribadah.

  1.      Keutamaan ibadah Haji

Seperti diketahui bahwa haji adalah ibadah yang istimewa, sebab ritual haji ini hanya disyari’atkan bagi umat nabi Muhammad saja dan tidak disyari’atkan pada umat nabi sebelum nabi Muhammad, meskipun ada juga ulama yang berpendapat bahwa haji juga disyari’atkan pada umat sebelum nabi Muhammad. SAW.

Banyak hadits Nabi yang menerangkan tentang keutamaan ibadah haji, di antara hadits-hadits tersebut adalah:

a. Dari Abu Hurairah.Ra

عن أبي هريرة رضىالله عنه قال: سئل رسول لله صلى الله عليه وسلم: أي الأعمال أفضل ؟ قال : إيمان بالله ورسوله , قيل : ثم ما ذا قال : حج مبرور. رواه البخا ري و مسلم

Artinya:

Dari Abu Huraira, dia berkata: rasulullah ditanya, pekerjaan apa yang paling utama? Beliau menjawab, Iman pada Allah dan Rasulnya, dikatakan, lalu pekerjaan apa?, beliau menjawab: haji mabrur. (HR Bukhari Muslim)

b. Dari Abu Huraira. Ra

عن أبي هريرة رضى الله عنه قال:سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: من حج فلم يرفث ولم يفسق, رجع كيوم ولدته أمه . رواهالبخاريومسلم

Artinya:

Dari Abu Huraira, ra. Dia berkata, “Barang siapa berhaji lalu dia tidak berkata jorok dan tidak fasiq, maka dia kembali seperti pada saat dilahirkan oleh ibunya” (HR Bukhari Muslim)

 

c. Dari Abu Huraira. Ra

عن أبي هريرة رضى الله عنه قال: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: أللهم إغفر للحاج ولمن استغفرله الحاج

(رواه الحاكم وقال: صحيح على شرط المسلم)

Artinya:

Dari Abu Huraira, ra. Dia berkata: bahwa Rasulallah bersabda “Ya Allah ampunilah orang yang berhaji dan orang yang dimintakan ampun oleh orang yang berhaji”

d. Dari Aisyah Ra,

عن عا ئشة رضيالله عنها قالت : يا رسول الله, نرى الجهاد أفضل العمل أفلا نجاهد؟ قال: لكن أفضل من الجهاد حج مبرور  رواه البخارى

Artinya:

“Dari Aisyah ra. Dia berkata: wahai Rasulallah, kami melihat bahwa jihad itu adalah paling utamanya amal, apakah kami (kaum perempuan) tidak berjihad? Rasul menjawab, tetapi haji mabrur itu lebih utama dari pada jihad.” (Hr Bukhari)

            Dari beberapa hadis di atas, sangatlah jelas keutamaan dari ibadah haji, bahkan Rasulullah tidak hanya memintakan ampun untuk orang yang haji, melainkan memintakan ampun oleh orang yang melakukan haji.

by fau87 | to be continued…

FacebookTwitterGoogle+Share
Categories: Blog Shabilla Travel